MESIN-MESIN KANTOR SEBAGAI
ALAT KOMUNIKASI
1. Perkembangan
Mesin Komunikasi dalam Perkantoran
Adanya perkembangan zaman dan kemajuan teknologi diera globalisasi yang
sangat pesat ini, komunikasi dalam kantor lebih banyak menggunakan peralatan
atau mesin komunikasi yang canggih. Penggunaan mesin
komunikasi membuat komunikasi berlangsung lebih cepat dan efisien. Komunikasi
merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kegiatan kantor, dimana
dijadikan hakikat sebagai kumpulan orang yang bersama-sama menyelenggarakan
kegiatan kantor atau kegiatan ketatausahaan dalam mencapai tujuan organisasi
ataupun perusahaan.
Perkembangan Mesin Komunikasi diawali dengan semakin
majunya teknologi komputer, membuat mengecilnya ukuran fisik komputer seperti
laptop, tablet dan sebagainnya. Kecenderungan orang untuk berpindah–pindah
mobile sehingga pemanfaatan sarana telekomunikasi khususnya telepon seluler
semakin diperlukan. Dapat
dikatakan perkembangan mesin komunikasi mengakibatkan munculnya kantor maya. Pemanfaatan sarana
komunikasi dan jaringan internet untuk melakukan hal-hal yang sifatnya
teleprocessing tumbuh pesat.
Kegiatan kantor dapat dilakukan dimanapun. Syaratnya
hanya harus terhubung dalam komunikasi elektronik. Untuk Keperluan ini banyak
perusahaan portal internet menyediakan jasa kantor maya. Telekomunikasi mencakup komunikasi lewat radio, menyampaikan percakapan, bahan tulis dan tangan, gambar faksimile, lukisan dan sebagainya,
atau citra televisi.
2. Jenis-Jenis
Alat Komunikasi Kantor
Menurut jenisnya, alat komunikasi
dikelompokkan dalam tiga macam yaitu :
- Alat komunikasi berupa audio, yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : telepon, radio, Tape recorde
- Alat komunikasi yang berupa audio visual, yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengar. Contoh : Televisi, VCD, Internet
- Alat komunikasi berupa visual, yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan. Contoh : Surat, Chart, snap
Jenis atau macam-macam pesawat komunikasi di antaranya adalah sebagai
berikut:
A. Intercom
Intercom
(Intercommunication) atau lebih
dikenal dengan sebutan aiphone, alat yang digunakan untuk menyampaikan warta
atau keterangan dalam lingkungan organisasi, dari suatu bagian ke bagian yang lain atau dari satu
ruangan ke ruangan lain. Fungsi intercom yang membantu efisensi pekerjaan perkantoran antara lain:
- Sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi secara efektif dari satu pihak kepihak liannya.
- Memperluas saluran komunikasi dalam suatu instansi atau kantor.
- Menghindari mondar-mandirnya para pegawai.
- Menghemat waktu dan tenaga sehingga meningkatkan produktivitas kerja pegawai.
B. Telepon
Telepon yang berasal dari kata “tele” yang berarti jauh dan ”phone” yang artinya suara
berhubungan. Telepon artinya penyampaian informasi berupa suara dari satu pihak ke pihak lainnya dari jarak
jauh, baik dalam lingkungan sendiri maupun ke
luar kantor. Pesawat telepon adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan dan sekaligus berfungsi untuk mendengarkan suara atau pembicara. Macam-macam pesawat telepon antara lain:
- Pesawat tunggal, yaitu pesawat yang biasanya digunakan di rumah-rumah
- PMBX (Private Manual Brand Xchange), yaitu pesawat telepon yang pengoperasiannya melalui operator (tidak langsung)
- PABX (Private Automatic Brand Xchange),
yaitu pesawat telepon yang pengoperasiannya secara langsung / tanpa
melalui operator
C. Telepon Genggam (Handphone),
Handphone merupakan telepon genggam yang lebih praktis, tidak menggunakan kabel, dan dapat
dibawa kemana-mana. Awal telepon dibuat hanya terbatas pada telepon tetap
(fixed line telephone). Namun sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi
telepon genggam atau yang sekarang banyak orang sebut dengan nama
handphone (HP). Saat ini handphone banyak digunakan oleh masyarakat luas, selain untuk berkomunikasi ternyata
handphone juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan,
tren, dan prestise. Di Indonesia terdapat dua
teknologi handphone yaitu Global System for
Mobile Comunication (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA). Perbedaan terletak pada cara penggunaan kode
dan pemancar frekuensi yang digunakan.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO1IxupPW6jeDJrmrNM6qpf85cNcdiU9Cn___tGy7WT4QAWp8zD5OdQt1fPPmPQjEUNO-4_VuTC5_SCnF94oeIOnonmsB2kcljIn5Ozl0O7md6O0O5wiRCzu3bT6pH6GonbBCIFRaFZpcu/s1600/HP.png)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO1IxupPW6jeDJrmrNM6qpf85cNcdiU9Cn___tGy7WT4QAWp8zD5OdQt1fPPmPQjEUNO-4_VuTC5_SCnF94oeIOnonmsB2kcljIn5Ozl0O7md6O0O5wiRCzu3bT6pH6GonbBCIFRaFZpcu/s1600/HP.png)
D. Radio telepon
Radio telepon merupakan sarana komunikasi yang berguna antara
stasiun pusat dan unit
bergerak seperti mobil, truk, atau alat yang dilengkapi dengan alat portabel.
Perangkat radio seperti ini sering juga dikenal dengan perangkat dua meteran
seperti HT (handi talki). Rick serta sebelas meteran seperti olben.
E. Teleks
Teleks, adalah
jaringan teleprinter mirip dengan jaringan telepon
yang berfungsi mengirim pesan berbasis teks. Jaringan ini menyediakan media
umum pertama untuk komunikasi data internasional dengan menggunakan
teknik sinyal standar dan kriteria operasi yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU).
F. Facsimile (Faksimili)
Sebuah alat untuk mengirim dan menerima dokumen yang hampir sesuai dengan aslinya, baik berupa tulisan maupun gambar. Faksimili ditemukan oleh Alexander Brain pada tahun
1843. Mesin Faksimili sering disebut juga dengan mesin fotocopy jarak jauh.
G. Proyektor OHP Overhead Projector (OHP)
Alat yang digunakan untuk menjelaskan presentasi
secara visual. OHP adalah media komunikasi
visual yang dipergunakan untuk memproyeksikan tulisan
atau gambar pada transparancy film yang
diletakkan diatas OHP ke layar, sehingga memperoleh hasil proyeksi yang lebih
jelas dan besar
H. Teleprinter
Teleprinter adalah mesin yang dapat mengetik
pesan, teks yang direproduksi dari kejauhan pada mesin yang serupa. Mesin
pengiriman dan peneriman tersebut dihubungkan dengan kabel telegram atau radio.
Biaya dibebankan untuk setiap hubungan menurut waktu yang digunakan. Pesan yang masuk
diterima dan dicetak secara otomatis. Pelayanan ini sangat penting untuk
komunikasi internasional di antara zona waktu yang berbeda. Bila perlu pesan
dapat diacak agar tetap rahasia hingga dirapikan kembali oleh yang berwenang.
I. Telegram
Telegram merupakan alat komunikasi grafis bahan tertulis, gambar, lukisan, dan sebagainya dapat dikirim lewat saluran
telepon umum atau pribadi atau lewat radio. Bahan yang akan dikirim diumpanakan, pada kertas berukuran A4 atau A5, ke dalam mesin
pegirim dan diteruskan melewati mesin drum. Drum serupa pada mesin penerimaan memuat kertas fotografik.
Caranya
kerjanya:
- Pengirim mengadakan kontak dengan stasium melalui telepon terlebih dahulu. Sebuah tombol lalu ditekan pada titik pengiriman untuk menghidupkan drum yang berputar dengan kecepatan sama pada kedua mesin pengirim maupu penerima
- Sewaktu drum pada titik pengirim berputar, kertas pun disoroti oleh sinar lampu, dan ketika sorotan jatuh pada bidangnya terang atau gelap, sinyal dikirimkan ke titik penerima. Di sini, sinyal tersebut diubah kembali menjadi cahaya yang jatuh pada kertas fotografik sehingga menghasilkan salinan facsimile
Alat komunikasi berupa surat elektronik dalam bahasa Inggris
“e-mail atau email” merupakan sebuah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu
membayar tiap
pengiriman , tetapi surat elektronik biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk
membayar sambungan Internet.
K. Teleconference
Teleconference merupakan sebuah sistem komunikasi yang memungkinkan beberapa pihak untuk saling kontak suara dan melihat melalui monitor. Sistem ini untuk melakukan rapat jarak jauh dari berbagai tempat yang berbeda atau dalam satu ruangan dan pada saat yang sama, sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas dengan syarat di masing-masing tempat tersebut terdapat sistem yang memungkinkan untuk melakukan teleconference.
L. Internet
Sebuah
sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Cara menghubungkan rangkaian dengan
kaedah ini dinamakan internetworking. Internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat
di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research
Project Agency Network), di mana menangani
hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, dilakukan dalam jarak
yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Beberapa layanan di ialah email, Usenet, Newsgroup, File Sharing, WWW (World Wide Web), Gopher, Session Access, WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH
3. Masalah-Masalah dalam
Komunikasi
Komunikasi adalah Suatu proses penyampaian pesan atau
informasi dari suatu pihak ke pihak yang lain dengan tujuan tercapai persepsi
atau pengertian yang sama.
Berikut ini adalah hambatan – hambatan dalam Komunikasi :
Hambatan dari Proses Komunikasi.
- Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
- Hambatan dalam penyandian/simbol, dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu.
- Hambatan media yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
- Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
- Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
Hambatan Fisik
- Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.
Hambatan Psikologis dan sosial mengganggu komunikasi,
misalnya: perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan
penerima pesan.
REFERENSI
Bisosial. Mei 2012. Makalah Perkembangan Teknologi.
Fauziah, Syifa. 2014.
Peralatan Mesin Komunikasi Kantor. http://syifafauziah.blogspot.com/2014/01/peralatanmesin-komunikasi-kantor.html. Diakses 03 April 2015 (14.50)
Irawan,
Andy. September 2011. Kendala Dan Masalah Komunikasi Bisnis.
http://andhyirawan.blogspot.com/2011/10/kendala-dan-masalah-komunikasi-bisnis.html. Diakses
04 April 2015 (15.38)
Reza, Krisna. 2012. Sejarah Perkembangan
Alat Komunikasi. http://krisnareza.blogspot.com/2012/12/sejarah-perkembangan-alat-komunikasi.html. Diakses
04 April 2015 (15.57)
Lestari, Ayu
Dwi. 2014. Pengertian Email &
Kelebihan dan Kekurangan. https://ayudwilestari101.wordpress.com/2014/05/08/pengertian-email-kelebihan-dan-kekurangan/html. Diakses 05 April 2015 (15.40)
Ilmu
Administrasi (Anonim). Desember 2008. Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen.
http://ilmuadministrasi.wordpress.com/2008/12/Pengantar-ilmu-administrasi-dan
manajemen.html.
Diakses 05 April 2015 (19.40)
Wikipedia Indonesia. 2015. Telepon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar